Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Jumat, 22 November 2019

RPP Kelas 6 Tema 7 Sub Tema 4 Literasi

Pendidikan Global :


KEGIATAN PEMBIASAAN LITERASI


Kegiatan di minggu keempat dimaksudkan untuk mengembangkan kemampuan literasi siswa. Kegiatan ini dapat dilakukan setiap hari. Namun apabila guru harus mengisi beberapa jam untuk menghabiskan materi di subtema sebelumnya dikarenakan materi belum selesai, kegiatan literasi ini bisa disesuaikan.

Kegiatan literasi membutuhkan materi pendukung agar dapat berjalan dengan lancar. berikut adalah beberapa kegiatan pendukung yang bisa disiapkan oleh guru.

Teks cerita pendek yang diambil dari kegiatan aku cinta membaca
Alat tulis
Kertas hvs

Pedoman Kegiatan Literasi

Keterampilan literasi adalah keterampilan yang dibutuhkan dalam mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis.
Mengapa literasi penting? 
Literasi sangat penting bagi siswa karena keterampilan dalam literasi berpengaruh terhadap keberhasilan belajar mereka dan kehidupannya.
Keterampilan literasi yang baik akan membantu siswa dalam memahami teks lisan, tulisan, maupun gambar/visual.
Apa saja produk literasi?
Buku 
Majalah 
Surat kabar 
Tabel 
CD/DVD 
Program televisi/radio 
Petunjuk 
Percakapan 
Instruksi 
Teks bacaan 

Keterampilan literasi akan berkembang dengan baik karena pembiasaan. Dalam kegiatan ini sekolah dapat melakukan kegiatan pembiasaan literasi yang meliputi pembiasaan menulis, pembiasaan membaca dan pembiasaan berbicara. Berikut akan disampaikan beberapa kegiatan literasi selama satu minggu dengan harapan sekolah bisa mengembangkannya.

Kegiatan pembiasaan literasi hanya membutuhkan sekitar 15-20 menit setiap harinya. Sekolah harus menjalankan program dengan konsisten agar literasi siswa dapat berkembang dengan baik. Setiap hari guru harus membimbing siswanya untuk kegiatan berbahasa lisan, membaca pemahaman, dan menulis.
Jenis-Jenis Kegiatan:

Hari Pertama
Kegiatan Berbahasa Lisan (15 menit)
  • Guru meminta seorang siswa untuk mengambil salah satu benda yang dibawanya dari rumah dan mendeskripsikannya di depan temantemannya.
  • Siswa lain diminta untuk menyimak serta diberi kesempatan untuk bertanya.
  • Kegiatan seorang siswa untuk berbicara dan menjawab pertanyaan hanya 3 menit saja.
  • Guru kemudian meminta siswa lain untuk maju ke depan dan melakukan hal yang sama. Guru melakukan hal yang sama untuk siswa ketiga.
  • Guru menjelaskan kepada seluruh siswa bahwa setiap hari mereka akan melakukan hal yang sama. Setiap hari akan ada tiga orang yang maju ke depan kelas untuk mendeskripsikan benda.
Membaca Pemahaman (30 menit)
  • Ambil satu teks dari Aku Cinta Membaca
  • Mintalah siswa untuk membaca senyap (membaca dalam hati) selama 5 menit.
  • Pada kesempatan ini, guru juga membaca teks yang sama. Partisipasi guru dalam membaca sangat bermanfaat bagi siswa karena guru bisa dijadikan contoh.
  • Mintalah siswa menyampaikan apa yang dibacanya kepada teman di sebelahnya. Guru berkeliling untuk memastikan semua berpartisipasi aktif.
  • Guru meminta siswa untuk menuliskan satu kata sulit di potongan kertas kecil dan menempelkannya di papan tulis (bisa juga, guru meminta siswa menyampaikan kata sulit kemudian guru menuliskannya di papan tulis).
  • Guru membahas satu kata sulit dengan siswa. Guru bertanya kepada siswa, siapa yang bisa menemukan arti salah satu kata sulit tersebut. Siswa harus menjelaskan arti kata tersebut. Siswa lain menanggapi.
  • Selanjutnya guru membahas kata sulit yang lain. Begitu seterusnya. 
  • Siswa mencatat kata-kata sulit yang telah didiskusikan. 
Menulis Kegiatan (30 menit)
  • Kegiatan menulis dapat dilakukan di kertas HVS yang dibagikan oleh guru.
  • Siswa diajak mengingat satu kegiatan yang dilakukan di hari sebelumnya (apabila kegiatan menulis dilakukan pada hari Senin, maka siswa harus mengingat kegiatan pada hari Minggu, begitu seterusnya).
  • Siswa kemudian menuliskan kegiatan yang dilakukannya tersebut (berolah-raga, ke rumah nenek, berkebun, pergi ke kota, dsb). Guru mengingatkan siswa untuk menulis dengan mencantumkan apa yang dilakukan; siapa yang terlibat, kapan dilakukan, bagaimana kegiatan dilakukan, bagaimana perasaan mereka saat berkegiatan, di mana mereka melakukan kegiatan.
  • Setelah kegiatan menulis selesai, guru dapat meminta setiap siswa untuk membacakan tulisannya kepada teman dikelompoknya.
Hari Kedua
Kegiatan Berbahasa Lisan (15 menit)
  • Guru meminta seorang siswa untuk mengambil salah satu benda yang dibawanya dari rumah dan mendeskripsikannya di depan temantemannya.
  • Siswa lain diminta untuk menyimak serta diberi kesempatan untuk bertanya.
  • Kegiatan seorang siswa untuk berbicara dan menjawab pertanyaan hanya 3 menit saja.
  • Guru kemudian meminta siswa lain untuk maju ke depan dan melakukan hal yang sama. Guru melakukan hal yang sama untuk siswa ketiga.
  • Guru menjelaskan kepada seluruh siswa bahwa setiap hari mereka akan melakukan hal yang sama. Setiap hari akan ada tiga orang yang maju ke depan kelas untuk mendeskripsikan benda.
Membaca Pemahaman (30 menit)
  • Ambil satu teks dari Aku Cinta Membaca
  • Mintalah siswa untuk membaca senyap (membaca dalam hati) selama 5 menit.
  • Pada kesempatan ini guru juga membaca teks yang sama.
  • Mintalah siswa menyampaikan apa yang dibacanya lewat tulisan.
  • Guru meminta salah satu siswa untuk menyampaikan hasil tulisannya di depan kelas. Siswa lain menanggapi.
Menulis Kegiatan (30 menit) 
  • Kegiatan menulis bisa dilakukan di kertas HVS yang dibagikan oleh guru.
  • Siswa diajak mengingat satu kegiatan yang dilakukan di hari sebelumnya (apabila kegiatan menulis dilakukan pada hari Senin, maka siswa harus mengingat kegiatan pada hari Minggu, begitu seterusnya).
  • Siswa kemudian menuliskan kegiatan yang dilakukannya tersebut (berolah raga, ke rumah nenek, berkebun, pergi ke kota, dsb). Guru mengingatkan siswa untuk menulis dengan mencantumkan apa yang dilakukan; siapa yang terlibat, kapan dilakukan, bagaimana kegiatan dilakukan, bagaimana perasaan mereka saat berkegiatan, di mana mereka melakukan kegiatan.
  • Setelah kegiatan menulis selesai, guru bisa meminta setiap siswa untuk membacakan tulisannya kepada teman kelompoknya.
  • Pada kesempatan ini, siswa lain diminta menanggapi pemilihan kosa kata, tanda baca.
  • Tulisan siswa dikumpulkan oleh guru.
Hayo, ...............20 .....

Mengetahui;

Kepala Sekolah .......,                                                                                             Guru Kelas VI,

Nama                                                                                                                      Nama Anda
NIP. -                                                                                                                      NIP. Anda                                                

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih atas Kontribusi Saran & Komentar Anda.